Saturday, January 31, 2009

Tips Hilangkan Bau Badan

Hm......

Pastinya sangat mengganggu sekali ya.......

Bikin Gak PD...bikin teman disekitar jg jadi pengen muntah, n gak mo deket2 ma kita!!!

Untuk mengusir Bau Badan tersebut, ternyata parfum pun bukan satu-satunya pemecahannya. Perawatan tubuh lebih penting agar terpancar aroma segar mewangi dan membuat Anda tampil percaya diri.

Mandi parfum setiap saat atau berendam dalam bathtub berbusa sabun wangi akan menjadi sia-sia bila masalah dasar pemicu Bau Badan tidak diatasi terlebih dahulu.

Oleh sebab itu sebaiknya pahami dulu seluk beluk merawat tubuh, agar selalu tercium keharuman yang segar alami.

Keringat yang keluar dari tubuh awalnya tidak berbau. Akan tetapi ketika terjadi pembiakan bakteri, keringat berubah menjadi beraroma tidak sedap atau Bau Badan.

Selain bakteri, beberapa faktor lain pun juga bisa menimbulkan Bau Badan, antara lain kebiasaan makan makanan seperti petai, bawang putih atau makanan yang mengandung alkohol. Gangguan fungsi organ ginjal atau hati pada stadium lanjut akan berdampak pada produksi keringat oleh kelenjar Ekrin.

Selain itu stres juga kondisi yang memacu produksi keringat, sebab kelenjar Ekrin dan Aprokin menjadi lebih aktif.

Ini adalah beberap tips yang bisa kamu terapkan untuk ngilangin bau badan kamu..apalagi kamu yang punya seabreg kegiatan dan banyak bertemu orang lain......


1. Yang harus kamu lakukan pastinya rajin mandi


Mandi adalah langkah awal yang baik untuk mencegah bau badan. Mandi dengan Pancuran lebih baik dibandingan mandi dengan berendam karena selama air memancar maka akan lebih banyak kotoran dan bakteri yang terbuang dari badan dibandingkan dengan aliran air yang konstan dan tidak mengalir.

2. Jaga kebersihan badan

Bau badan dipengaruhi oleh kebiasan sehari-hari. Karena itu jagalah kebersihan badan untuk mencegah bau badan.

Bau badn identik dengan bagian ketiak saja, padahal ada sumber lagi yang sering kali mengeluarkan bau tidak sedap juga yaitu bagian kaki.

Ini beberapa tips buat ngilangin bau kaki kamu :

1. Basuh kaki lebih sering pakai air sabun. Tujuannya, agar kulit kaki tidak berlumuran peluh terlalu lama.

2. Bedaki kulit kaki setiap sehabis mandi atau dibasuh. Kalau sekiranya ada kemungkinan kena jamur, sebaiknya semprotkan antijamur pula. Baluri pula bagian dalam sepatu dengan bedak.

3. Pakai semprotan antipeluh (antiperspirant) yang biasanya sudah dicampur dengan antibau (deodoran) sedikitnya tiga kali sehari. Namun, jangan pakai antiperspirant kalau kaki lagi luka atau jamuran.

4. Sering berganti kaus kaki, bahkan kalau perlu sampai tiga kali dalam sehari (bukan kalau malam minggu saja). Pilih dari bahan katun yang menyerap keringat, bukan nilon.

5. Jika peluh kaki luar biasa hebat, boleh memakai kaus kaki dua lapis. Bagian dalam dari katun, sedangkan bahan kaus luar dari wool. Jangan pakai bahan sintetis sebab malah tidak bisa menyerap keringat.

6. Pilihlah jenis sepatu terbuka atau sepatu sandal. Sepatu tertutup selain merangsang banyak keluar keringat, mengundang kuman bersarang, yang memicu bau kaki bertambah.

7. Rendamlah kaki lebih sering dengan larutan tertentu (air teh, aluminium acetate, sodium bicarbonat, cukak, air dingin dan panas bergantian).

8. Orang zaman dulu acap menyirami sepatu dengan pewangi ruangan.

9. Ada pula yang melumuri bagian dalam sepatu dengan bahan arang penyerap basah (antilembab).

10. Kondisi stres bikin keringat tubuh keluar berlebihan. Untuk yang berbau, kaki perlu antistres juga.


Oke, sekarang balik lagi ke masalah bau badan... tips selanjutnya,

3. Gunakan antiperspiran

Deodoran umumnya mengandung seng dan alumunium yang berperan untuk memerangi bakteri penyebab bau badan. Sedangkan antiperspiran bekerja dengan cara menyumbat kelenjar keringatm sehingga bakteri tidak dapat berinteraksi dengannya, Sabun antibakteri juga dapat membantu membunuh kuman di tubuh.

4. Nutrisi yang tepat

Perbanyak mengkonsumsi air, nutrisi dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Hindari makan dan minuman yang mengandung kafein, cokelat dan lemak. Bakteri sangat suka pada keringat yang banyak mengandung lemak. Banyak mengkonsumsi caian akan mengurangi kerja kelenjar keringat apokrin sehingga dapat meminimalkan terjadinya bau badan.

5. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran berbau wangi seperti daun kemangi sangat bagus untuk menghilangkan bau badan. Dan bau badan vegetarian lebih baik dibanding mereka yang mengkonsumsi daging. Hindari mengkonsumsi sayuran yang berbau menyengat seperti jengkol, petai dan sejenisnya.

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Recent Coment

Keep Healthy ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO