Saturday, January 31, 2009

Influensa

Perubahan Cuaca atau dinginnya udara bisa membuat kita terserang Influenza dan Batuk.

Influensa adalah satu jenis penyakit penular yang ditularkan dengan medium udara melalui bersin dari penyakit.

Untuk menghindarinya, jagalah stamina tubuh.


Biasanya gejala flu adalah tenggorokan mulai sakit, gatal sehingga batuk berkali-kali, juga bersin-bersin, yang diikuti dengan demam mendadak, biasanya dengan suhu 38-40 derajat celcius. Disertai sakit kepala, nyeri otot, dan badan terasa lemah. Bahkan, kadang-kadang disertai rasa mual, ingin muntah, dan diare.

Flu mudah sekali menyebar dan menular, lewat cairan yang dikeluarkan oleh tubuh, saat batuk atau bersin-bersin. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan atas ini biasanya berlangsung 3-5 hari, atau mungkin lebih bila stamina kita semakin menurun. Untuk itu penderita harus banyak istirahat, tidak banyak bicara dan sebaiknya olahraga dihentikan dahulu.


Cara mengobati flu sebenarnya sederhana saja. Obat hanya diperlukan sejauh untuk mengurangi pilek, batuk, panas, atau nyeri otot.

Obat flu perlu mengandung campuran obat demam (parasetamol, ibuprofen), komponen pilek (efedrin, pseudo-efedrin, atau fenilpropanolamin) untuk mengeringkan hidung, dan komponen obat batuk (dekstrometorfan atau noskapin).

Flu juga bisa dicegah dengan vaksinasi, tetapi tidak selamanya dapat menghadang virus flu karena virus flu selalu bermutasi membentuk versi baru yang lain dari generasi sebelumnya.

Pada dasarnya vaksinasi hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang dibutuhkan oleh mereka dengan usia diatas 65 tahun, penderita asma, jantung dan ginjal atau penderita flu berat.


Ataupun saat kita berada di tempat lain, misalnya pada saat berhaji kita butuh suntikan vaksin flu.

Tak perlu Antibiotik

Prof. Iwan menegaskan, flu atau pilek tidak perlu diobati dengan antibiotik. Antibiotik hanya dibutuhkan bila terjadi komplikasi infeksi dengan kuman. Tetapi hal ini pun jarang terjadi.


Apabila kita sering meinum antibiotik, di takutkan kuman yang ada ditubuh akan kebal terhadap antibiotik, dan akhirnya dosis yang kita gunakan akan semakin besar, sehingga dapat menyebabkan kematian apabila dosisnya terlalu besar.


Untuk itu, sebaiknya kita tanyakan pada dokter atau apoteker jenis dan kegunaan dari obat yang diberikan.

Bila Anda hanya pilek, pilihlah obat bebas yang mengandung komponen pilek saja. Obat pilek hanya perlu mengandung salah satu, efedrin, pseudoefedrin, atau fenilpropanolamin saja. Dari ketiganya, efedrin dosis kecil (8-10 mg) paling baik, fenilpropanolamin paling jelek.

Bila ingin mencampur dengan komponen antihistamin (antialergi), bisa menggunakan CTM, yang cukup efektif dan murah.


Tambahan lain misalnya vitamin atau obat pengencer dahak tidak mutlak dibutuhkan tubuh. Tergantung dari kondisi masing-masing individu.

Dengan atau tanpa Antibiotik flu akan segera sembuh dalam beberapa hari hingga seminggu. Apabila flu belum juga reda, maka konsultasikanlah lagi ke dokter.


Yang harus dilakukan saat flu menyerang

1. Minumlah air sebanyak-banyaknya, penderita akan kehilangan cairan tubuh saat terkena flu, hal ini juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang meninggi.


2. Banyak istirahat, agar kondisi tubuh tidak semakin memburuk.


3. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol.


4. Minum obat golongan paracetamol atau aspirin untuk mengurangi demam dan nyeri otot. Obat golongan ibuprofen juga bisa diasup untuk menghindari peradangan. Ingat, aspirin tidak diperkenankan diasup oleh anak-anak di bawah usia 16 tahun.


5. Saat demam kita biasanya merasakan kedinginna juga, yang bisa disebut meriang.


6. Sebaiknya jangan menutup tubuh dengan selimut tebal, karena udara tubuh yang panas tidak bisa menguap dan suhu tubuh malah akan naik.


7. Lakukan kompres Sebaiknya lakukan kompres bukan hanya di area kepala, tetapi menyeka seluruh tubuh denagn kain basah terus menerus selama 5-7 menit. Menguapnya air dari kulit membuat suhu tubuh menurun.


8. Saat malam, cobalah untuk tidur dengan kepala dinaikan 8-15 cm. Untuk mencegah lendir masuk ke bagian bawah tenggorokan, sehingga dapat mencegah terjadinya batuk.


Kiat agar Flu tidak bersarang dalam tubuh

·tutup Mulut dan hidung dengan sapu tangan saat batuk atau bersin-bersin, agar virus tidak menyebar.


·jika tidak ada tisu atau saputangan, gunakan lah lengan baju atas untuk menutupinya, bukan dengan tangan.


·Jangan menggunakan tisu atau saputangan berkali-kali, gantilah sesering mungkin.


·Setelah bersin,cucilah tangan dengan sabun, air atau alkohol. Bisa juga dengan pembersih tangan yang sudah banyak beredar.


·Jika perlu gunakan masker supaya virus tidak menular ke orang lain.


Semoga dapat membantu, dan jagalah stamina tubuh agar penyakit tidak mudah menyerang.


Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Recent Coment

Keep Healthy ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO